TOMCAT si Artis Baru


Serangga jadi artis. Diperbincangkan ke sana-ke mari.... hehehe TOMCAT
Tomcat, ini bukan kucing ya! Tomcat adalah serangga yang gemar meloncat, karena memang masih ada hubungan saudara dengan kumbang. Nama lain dari Tomcat adalah Rove beetle.
Jangan melihat dari ukurannya yang kecil, buktinya dia bisa menggemparkan Indonesia, lantaran membawa musibah terutama pada kesehatan. Meski Tomcat tidak menggigit atau menyengat, hewan satu ini memang perlu diwaspadai. Kumbang tersebut dapat mengeluarkan toksin atau racun bila bersentuhan dengan kulit manusia secara langsung.Tomcat menjadi perbincangan hangat, racun Tomcat dapat membakar kulit manusia dan cukup lama waktu penyambuhannya.
Namun, Pakar entomologi (ilmu tentang serangga) dari Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Aunu Rauf justru mengajak masyarakat untuk bersahabat dengan si Kumbang ganas. Menurutnya, serangga tomcat tidak berbahaya bagi manusia.

"Serangga ini lebih banyak manfaatnya dari pada mudarotnya. Karena dia merupakan sahabat manusia dalam mengendalikan hama wereng coklat," kata Rauf saat ditemui di kediamannya di Bogor Baru, Kota Bogor, Selasa 20 Maret 2012.

Ternyata Tomcat sangat tertarik pada cahaya malam hari.  Jadi untuk menghindari Tomcat untuk datang ke rumah kita, mengurangi penerangan dan menutup rapat rapat jendela kalau perlu menutupnya dengan gorden.
Jika Tomcat sudah menempel di kullit teman, Jangan di tepuk, cukup ditiup sampai dia menghilang dan kabur.
Tomcat menyerang penduduk, mungkin karena tempat tinggalnya kini semakin sedikit (sawah). Padahal dia sangat bermanfaat bagi petani. Atau cahaya yang begitu banyak di malam hari. Kedatangan Tomcat ini juga ada manfaatnya lho! Kita bisa lebih menghemat listrik (hi...hi..hi :D)





3 comments:

  1. gene na, di sebelah kirinya ada tulisan2 nya juga

    ReplyDelete
  2. ya itu kan cuma populer posts.
    kalau yg dlu postingannya ada double

    ReplyDelete
  3. ooo.... bedendoooo,.,., hehehehehe

    ReplyDelete

 
Dear It's Me Blog Design by Ipietoon