Generasi-Generasi Komputer


Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Komputer generasi pertama itu tahu nggak? Ini dibuat saat perang dunia kedua lho (hebat…masih sempet-sempetnya ya) Komputer ini dibuat untuk memaksimalkan kemampuan komputer dalam mengatur strategis.
Komputer Generasi pertama ini dapat dikarakteristikan dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut dengan “bahasa mesin” dalam bahasa inggrisnya adalah “machine language”.

Hal ini menjadikan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu tampak berukuran sangat besar) dan silinder magnetik yang berfungi untuk sebagai penyimpan data. Juga memerlukan listrik dan tempat yang besar. Namun hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil. (Fiuftt...)
Komputer Generasi pertama itu ada :
v UNIVAC II                    (Pabrik Sperry Rand- Univac)
v Damatic 1000             (Pabrik Honeywell)
v Mark II, Mark III, dll   (Pabrik International Business Machine)



Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer yang ukurannya geude banget. Mengganti ukuran mesin-mesin elekrik jadi lebih ramping. Sirkuit transistor ini mulai dipakai pada komputer pada tahun 1959.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik sehingga ukuran komputer generasi kedua bisa lebih ramping, lebih bisa dikendalikan, lebih cepat, dan pastinya hemat energi lah dari generasi sebelumnya. Komputer bisa dibuat dengan bahasa tingkat-tinggi (high level language).
Kalau komputer generasi kedua itu contohnya      :
v UNIVAC III          (Pabriknya Sperry Rand)
v Honeywell 400 
v GE 635                (Pabriknya General Electric)

Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Pergembangan tetap masih berlanjut. Belum puas dengan transistor, yang lebih memudahkan dari pada tube vakum, karena terlalu besar dalam menghasilkan panas. Ini berbahaya...(halah lebay) karena berpotensi dapat merusak bagian-bagian dalam komputer. Kemudian ditemukanlah Batu kuarsa atau quartz rock yang dapat menghilangkan masalah ini. Dan Insinyur yang emang udah pinter banget mengembangkan Sirkuit Terintegrasi (IC : Itergrated Circuits), Ia bernama Jack Kilby. Tarattttt....Komputer ini sudah lebih ramping lagi fisiknya, harganya lebih murah, dan peningkatan dalm softwarenya.
Komputer generasi ketiga contohnya itu        :
v UNIVAC 1109
v GE 600
v CDC 3000


Komputer Generasi Keempat (1970-1990)
Masih belum puas lagi lho.....Setelah IC muncul, tujuan Pengembangan Komputer menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektronik. Large Scale Integration atau LSI dapat memuat ratusan komponen dalam satu chip. Kemudian tahun 1980-an, Very Large Scale Integration atau VLSI memuat ribuan komponen dalam satu chip tunggal. Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan semiconductoryang berbentuk chip untuk memori komputer.
Em....Komputer generasi keempat itu     :
v IBM 370
v IBM Pentium 1
v IBM PC

Komputer Generasi Kelima
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Intergration). Pengembangan computer ini adalah computer yand dapat menerjemahkan bahsa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnose penyakit yang lebih akurat, dan pastinya masih banyak lagi.

Contoh dari computer generasi kelima ya seperti ini:




2 comments:

  1. nice design:) artikel na juga good, ada gambarna lengkap pula, good Ratna! ayoo nulis lagi, update terus blog na :)
    Bu Heni

    ReplyDelete

 
Dear It's Me Blog Design by Ipietoon